Potensi Panas Bumi Gn. Endut Kabupaten Lebak


Daerah panas bumi Gunung Endut merupakan salah satu daerah panas bumi di Provinsi Banten. Gejala panas bumi dicirikan dengan munculnya mata air panas dengan  suhu berkisar antara 53°C hingga 80 °C. Secara umum, geologi daerah survei didominasi oleh batuan vulkanik produk Gunung Endut dengan basemen batu sedimen tersier. Survei magnetotelluric dilakukan untuk mengetahui keadaan bawah permukaan, sehingga diharapkan dapat memperkirakan tebal batuan penudung dan top reservoir.
Hasil survei MT memperlihatkan sebaran tahanan jenis yang bervariatif, dimana tahanan jenis rendah tersebar di sebelah utara, timur, dan tenggara mata air panas Cikawah, sedangkan tahanan jenis tinggi tersebar di sekitar mata air panas Cikawah dan Handeuleum. Tahanan jenis tinggi diperkirakan berasosiasi dengan kubah vulkanik bawah permukaan.
Sistem panas bumi Gunung Endut diperkirakan berupa kompleks kubah vulkanik, dimana kubah vulkanik sebagai batuan penudung dan reservoir panas bumi berada di bawahnya. Tebal Lapisan penudung diperkirakan berada pada kedalaman 200 – 600 m dengan ketebalan mencapai 1000 m. Reservoir panas bumi diperkirakan berada di bawah kubah vulkanik yaitu pada kedalaman sekitar 1500 m.
Luas daerah prospek panas bumi berdasarkan hasil survei MT sekitar 11 km2, dengan estimasi potensi energi sekitar 80 MWe pada kelas cadangan terduga.
Berdasarkan hasil pengukuran MT dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut.
a.    Sistem panas bumi daerah Gunung Endut diperkirakan merupakan kompleks kubah vulkanik, yang dicirikan dengan adanya sebaran tahanan jenis tinggi yang menyerupai kubah.
b.    Tahanan jenis tinggi tersebar di sekitar mata air panas Cikawah dan Handeuleum yang meluas ke arah Gunung Endut dan Gunung Bongkok.
c.    Tahanan jenis tinggi diinterpretasikan sebagai kubah vulkanik yang menjadi batuan penudung sistem panas bumi di daerah ini.
d.    Lapisan penudung diperkirakan berada pada kedalaman 200 – 600 m dengan ketebalan mencapai 1000 m.
e.    Reservoir panas bumi diperkirakan berada di bawah kubah vulkanik yaitu pada kedalaman sekitar 1500 m.
f.     Luas daerah prospek panas bumi sekitar 11 km2, dengan estimasi potensi energi sekitar 80 MWe.

Peta Kompilasi Hasil MT dan sebelumnya Daerah G.Endut, Kabupaten Lebak, Banten


Sumber : Badan Geologi Kementerian ESDM

No comments:

Post a Comment